SQL Agent Backup Database Menggunakan Store Procedure

Jika kita menggunakan SQL server versi Enterprise mungkin tidak akan kesulitan untuk backup database, karena telah disediakan maintenance plan wizard yang memudahkan beberapa administration task seperti berikut ini :

  • check database integrity
  • perform index maintenance
  • update database statistics
  • perform database backup

Namun dalam kenyataan dilapangan, seringkali kita menghadapi environment SQL yang mungkin saja lisensinya masih Standart. Banyak cara agar kita bisa melakukan backup seperti menggunakan store procedure atau menggunakan third party yang banyak dijual di pasaran maupun yang gratisan juga banyak :p. Baca lebih lanjut

Reset Password SA di MSSQL

Jika lupa password authentifikasi ke MSSQL baik menggunakan windows auth maupun sql auth, maka satu-satunya harapan adalah reset password sysadmin.

Gunakan Sql Server Configuration Manager (Start Menu-All Program-Microsoft SQL Server 2008 R2-Configuration Tools)

Stop services instance SQL yang ingin anda reset passwordnya

Klik kanan dan klik Properties-Advanced

Rubah startup menjadi single mode

Start Service Instance MSSQL
Gunakan Command Prompt dan ketik sqlcmd

[troubleshooting] Unable to Get binding type sqlbinding

Error ini ditemukan saat backup dan restore ke server BizTalk baru dengan environment 64bit. Sql binding nya tiba-tiba tidak ada di configurasi WCF-Custom (Send Port).

Microsoft.BizTalk.Adapter.Wcf.Converters.CreateBindingException: Unable to get binding type for binding extension "sqlBinding". Verify the binding extension is registered in machine.config.

Baca lebih lanjut

Mudik oh Mudik.. Tiket Lebaran Pahala Kencana 2011

Alhamdulillah Ramadhan telah tiba, saatnya merencanakan mudik lebaran (loh kok..). Lebaran tahun ini akan berbeda dengan lebaran sebelumnya karena harus membagi antara lebaran di mertua dan orang tua :).

Karena Kota Pati tidak dilalui oleh kereta api, walaupun mempunyai stasiun yang notabene sudah tidak aktif, satu satunya pilihan adalah Bus malam eksekutif. Banyak pilihan untuk tujuan Pati dari Bandung, diantara Nusantara, Pahala Kencana, Bandung Express, Muji Jaya dan Santika. Namun yang pasti lewat Pati tanpa di oper hanya Pahala Kencana jurusan Bandung-Lasem.

Setelah memutuskan hari pertama akan berlebaran terlebih dahulu di sumedang, baru pada hari pertama malam berangkat ke Pati. Segera saja memesan tiket Pahala Kencana karena takut kehabisan, saya pun menuju agen PK di Riau (jln. Martadinata, Bandung) karena jika berangkat melalui agen, bus tidak perlu mampir ke terminal (terganggu dengan masuknya pedagang asongan ke bus jika mampir ke terminal). Langsung saja melihat list daftar harga tiket dari Bandung ke berbagai tujuan wow.. naik lagi dari harga tahun lalu, bahkan jika dibandingkan dengan harga tiket saat normail dimana Bandung-Pati hanya berkisar 100rb-110rb. Entahlah apakah pemerintah kita tidak mempunyai peraturan batas atas untuk tarif tuslah.

Yang belum memesan tiket dan butuh harga kisaran tuslah, saya sengaja njepret pake kamera hp ala kadarnya dan tempel di blok ini, monggo.. Baca lebih lanjut

Install Biztalk 2010

Ini adalah awal dari posting yang akan saya buat secara berjenjang tentang aplikasi midleware yaitu Biztalk 2010 & ESB 2.1 Series. Susahnya mencari dokumentasi merupakan salah satu tujuan dari penulisan ini, selain itu juga untuk dokumentasi selama mengerjakan project midleware.

Saat ini saya menggunakan sistem operasi windows server 2008 R2 enterprise 64bit. Untuk menginstal biztalk harus lebih berhati-hati karena caranya agak berbeda dengan installer aplikasi produk produk microsoft. Membutuhkan banyak dependensi dengan aplikasi yang lain, sehingga harus diperhatikan langkah-langkah dalam menginstal. Dokumentasi lengkap cara menginstal biztalk dan esb bisa di download di web microsoft.

Untuk post kali ini akan dijelaskan langkah penginstalan beserta screen shot.

Semua produk yang saya install adalah versi enterprise, jika anda tidak mempunyai installernya, microsoft juga menyediakan versi developer (i hope so).

Baca lebih lanjut

Basa Basi Routing Jaringan

Inget masa muda dulu waktu masih aktif di ARC. Liat orang make layar item tapi gak pernah beranjak dari tempat duduknya, jadi bikin penasaran. Ngoprek anak ARC waktu jaman dulu tu bisa dibilang kejam. Ada laler di hidungnya keknya gak bakal di usir. Ilmu tentang jaringan yang didapat dari ngoprek sama anak ARC cuma dikit dan hasilnya cuma jadi orang sok tau.  Kitab jaringan anak ARC ada 2 , yaitu: buku TCP/IP nya pak onno dan temen temen sama buku dari Routing TCP/IP karyanya Jeff Doyle, CCIE& Jennifer Dehaven Carroll, CCIE.  Sampai sekarang saya masih membawa buku volume II yang nyolong dari arc ^_^, walaupun masih kagak ngerti ngerti.  Nyoba ngringkes routing jaringan walau agak sok tau, tapi gak pa palah biar ngisi blog lagi setelah vakum cleaner selama hampir setahun heuheuheu.

Baca lebih lanjut

web server di freebsd make ports

Postingan tentang IT nya dah ilang semua di tempat hosting lama, ya mulai lagi dari awal deh. walaupun agak cupu klo ngomongin instalasi bsd, webserver dan mail server, mudah mudahan masih berguna bagi orang lain ^_^. kita mulai dari awal yaitu webserver. kenapa webserver? karena biasanya klo orang baru ngoprek bsd pasti yang dioprek pertamanya adalah webserver. untuk instalasi bsd gak akan dibahas soalnya tinggal next next dan baca handbooknya. hyukk ah.. kita mulai postingan tentang IT dari awal ^_^

Pertama kali mulai ngoprek bsd adalah waktu tingkat satu (kira kira taun 2003 waktu masih muda dulu) dan masih cakru di arc , saat itu baru megang komputer (maklum wong ndeso). baru bisa caranya ngetik di microsoft word lho… karena di ARC klo pake windows itu malu, ya dengan terpaksa kumulai dengan menggunakan freebsd.

Baca lebih lanjut