web server di freebsd make ports

Postingan tentang IT nya dah ilang semua di tempat hosting lama, ya mulai lagi dari awal deh. walaupun agak cupu klo ngomongin instalasi bsd, webserver dan mail server, mudah mudahan masih berguna bagi orang lain ^_^. kita mulai dari awal yaitu webserver. kenapa webserver? karena biasanya klo orang baru ngoprek bsd pasti yang dioprek pertamanya adalah webserver. untuk instalasi bsd gak akan dibahas soalnya tinggal next next dan baca handbooknya. hyukk ah.. kita mulai postingan tentang IT dari awal ^_^

Pertama kali mulai ngoprek bsd adalah waktu tingkat satu (kira kira taun 2003 waktu masih muda dulu) dan masih cakru di arc , saat itu baru megang komputer (maklum wong ndeso). baru bisa caranya ngetik di microsoft word lho… karena di ARC klo pake windows itu malu, ya dengan terpaksa kumulai dengan menggunakan freebsd.

install webserver via ports, dokumentasi waktu dulu masih suka nginstal-nginstal gak jelas di FreeBsd. selamat mengikuti, walaupun caranya instant gak pake lama. info saja, di freebsd ada 3 cara untuk menginstall yaitu:

  • source

via source, berarti kita ngompil semua, bahasa programnya aku gak bisa jelasin he..he.. pokoke ngonolah. biasanya download dulu sourcenya baru di extract, abis itu baca deh install.txt. beres deh..

  • package

klo pake package, kita nggak perlu ngompile, intinya langsung jadi. pake perintah pkg_add

  • ports

nah klo yang ini, paling disukai oleh semua orang. merupakan salah satu kelebihan dari freebsd. tempatnya di /usr/ports tempat instalasinya ada di /usr/ports/distfiles, klo mo upgrade pake cvsup. jika kita nginstall program via ports, semua program yang dibutuhkan atau dengan kata lain butuh dependensi program yang lain, maka akan otomatis diinstall via ports juga. buat nyari program di ports ketik aja make search key=apache di direktori /usr/ports

begitulah, maaf klo penjelasannya kurang jelas dan kayaknya menjerumuskan atau mungkin ada yang salam ^_^. ah langsung aja hyukk ke instalasi webserver…

pertama kali yang diinstall adalah :

mysql
#cd /usr/ports/databases/mysql51-server
#make install WITH_OPENSSL=yes distclean
#echo ‘mysql_enable=”YES”‘ >> /etc/rc.conf
#sh /etc/rc

Habis itu, jalanin :
#mkdir -p /var/db/mysql
#chown -R mysql /var/db
#chgrp -R mysql /var/db
#touch /var/db/mysql/hostname.domain_name
#mysql_install_db –> untuk install db mysql dan tabel-tabelnya.
#mysqld_safe –user=mysql –datadir=/var/db/mysql –> supaya jelas lokasi db-nya. soalnya kalo ga gitu muncul error kalo MySQL tidak bisa mencari db-nya.

Terus jangan lupa :
#/usr/local/bin/mysqladmin -u root password ‘new-password’
#/usr/local/bin/mysqladmin -u root -h hostname.domain_name password ‘new-password’

Apache
klo apache 22 nya error coba pake apache21 atau 2
#cd /usr/ports/www/apache22
#make install distclean
#echo ‘apache22_enable=”YES”‘ >> /etc/rc.conf

klo gak punya domain atau berada di localhost atau make ip private
#vi /etc/hosts
tambahkan:
192.168.1.101 bajaklaut
#vi /etc/rc.conf –> hostname=”bajaklaut”
#vi /usr/local/apache22/httpd.conf –>ServerName bajaklaut:80
cara diatas cukup jitu klo ente make ip private, tapi klo di kampus institute tekanan batin sih tinggal aja pake ip public, lha wong ip publicnya satu kelas B.. wakwooo
PHP
#cd /usr/ports/lang/php5
#make config
yang ku enable : CLI, CGI, APACHE, DEBUG, SUHOSIN, MULTYBYTE, IPV6, PATHINFO
#make install distclean
#cd /usr/ports/lang/php5-extensions
#make config
yang ku enable : calendar, gd, gettext, iconv, imap, mbstring, mcrypt, mhash,mysql,openssl,posix,session,simlexml,xml,xmlreader,xmlwriter,
# make install distclean
# vi /usr/local/etc/apache22/httpd.conf
kemudian cek apakan php5_modulenya udah masuk, kemudian tambahin :
AddType application/x-httpd-php .php
AddType application/x-httpd-php-source .phps
abis itu tinggal jalanin aja deh perintah buat jalanin webservernya

# /usr/local/httpd/bin/apachectl start
kalau biasanya ada error seperti ini :
“No such file or directory: Failed to enable the ‘httpready’ Accept Filter”
triknya:
#kldload accf_http
biar tetep saat booting tambahin di /boot/loader.conf
#accf_http_load=”YES” # Wait for full HTTP request accept filter

tambahan, klo kesulitan cari package ports mending arahin aja ke ftp.itb.ac.id. pernah sih waktu itu diluar make speedy dan lumayan cepet ngaksesnya . edit file di /etc/make.conf trus tambahin :

MASTER_SITE_OVERRIDE=ftp://167.205.22.102/pub/FreeBSD/ports/distfiles/${DIST_SUBDIR}/

ah udah tuh, palingan butuh beberapa menit aja biar selesai. selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s