Basa Basi Routing Jaringan

Inget masa muda dulu waktu masih aktif di ARC. Liat orang make layar item tapi gak pernah beranjak dari tempat duduknya, jadi bikin penasaran. Ngoprek anak ARC waktu jaman dulu tu bisa dibilang kejam. Ada laler di hidungnya keknya gak bakal di usir. Ilmu tentang jaringan yang didapat dari ngoprek sama anak ARC cuma dikit dan hasilnya cuma jadi orang sok tau.  Kitab jaringan anak ARC ada 2 , yaitu: buku TCP/IP nya pak onno dan temen temen sama buku dari Routing TCP/IP karyanya Jeff Doyle, CCIE& Jennifer Dehaven Carroll, CCIE.  Sampai sekarang saya masih membawa buku volume II yang nyolong dari arc ^_^, walaupun masih kagak ngerti ngerti.  Nyoba ngringkes routing jaringan walau agak sok tau, tapi gak pa palah biar ngisi blog lagi setelah vakum cleaner selama hampir setahun heuheuheu.

Baca lebih lanjut

web server di freebsd make ports

Postingan tentang IT nya dah ilang semua di tempat hosting lama, ya mulai lagi dari awal deh. walaupun agak cupu klo ngomongin instalasi bsd, webserver dan mail server, mudah mudahan masih berguna bagi orang lain ^_^. kita mulai dari awal yaitu webserver. kenapa webserver? karena biasanya klo orang baru ngoprek bsd pasti yang dioprek pertamanya adalah webserver. untuk instalasi bsd gak akan dibahas soalnya tinggal next next dan baca handbooknya. hyukk ah.. kita mulai postingan tentang IT dari awal ^_^

Pertama kali mulai ngoprek bsd adalah waktu tingkat satu (kira kira taun 2003 waktu masih muda dulu) dan masih cakru di arc , saat itu baru megang komputer (maklum wong ndeso). baru bisa caranya ngetik di microsoft word lho… karena di ARC klo pake windows itu malu, ya dengan terpaksa kumulai dengan menggunakan freebsd.

Baca lebih lanjut